Berbagi Koneksi Internet Dengan Aplikasi Connectify


Siapa bilang berbagi koneksi itu ribet?, gampang kok.


Hampir bisa dibilang Internet adalah suatu kebutuhan primer bagi kalangan anak - anak hingga orang tua. Bagaimana tidak?, zaman sekarang dari kebanyakan anak-anak hingga orang tua sudah mengenal Internet. Berbagai macam dilakukan dengan Internet, mulai dari berbagi foto, berbincang dengan teman/relasi bisnis, membaca koran, sampai dengan mempromosikan bisnis. Apalagi tahun ini adalah tahunnya Social Media.

Di perkotaan hingga pedesaan, Internet sudah bermunculan. Hanya saja di Indonesia ini, biaya koneksi Internet tidaklah murah. Belum lagi untuk alat-alat yang diperlukan membagi koneksi Internet, semacam hotspot, yang biasanya digunakan untuk bisnis atau sekedar berbagi.

Nah kali ini, kita akan membahas tentang aplikasi yang bisa membagi koneksi Internet. Aplikasi itu bernama Connectify.

Kok bisa ada aplikasi Connectify
?, nih ada sedikit cuplikan cikal bakal Connectify.

"Once upon a time in 2009, we traveled to an Army base and demonstrated that you could drive a full-sized Humvee from miles away using our wireless network. It was a fantastic demonstration, but we spent the day passing USB thumb drives back-and-forth to transfer files because only one of us had a 3G card to connect to the Internet. After a hard day’s work, we returned to the hotel to find that they not only wanted to charge each one of us to get on the Wi-Fi, but for each device as well! 

Our frustration with the state of wireless networking finally boiled over, and Connectify was born in a marathon of late-night software development. We simply wanted to connect to each other, share Internet connections, and get our devices online, without paying a fortune or carrying more hardware in our already overstuffed computer bags."

Perangkat apa saja yang bisa terhubung dengan koneksi Internet yang dibagi oleh Connectify?. Banyak, bisa handphone yang memiliki wireless seperti iPhone dan Samsung Galaxy S, notebook atau netbook, tablet PC seperti iPad, dan perangkat-perangkat lainnya yang memiliki Wireless.

Terus gimana cara membagi koneksinya?, pertama-tama siapkan dulu alat & bahannya.
  • Sebuah komputer bisa notebook atau PC
  • Komputer harus memiliki Wireless Adapter atau Ethernet Adapter
  • Koneksi internet baik melalui Modem maupun Ethernet Adapter

Cara-caranya sebagai berikut :

1. Install aplikasi Connectify pada komputer
2. Setelah sukses instalasi, hidupkan koneksi internet
3. Selanjutnya, klik tanda panah lalu klik 2X icon Connectify.


4. Maka akan muncul seperti gambar berikut ini. Isikan Password, Pilih adapter yang terhubung Internet bisa modem atau ethernet, Pilih adapter yang akan diberikan akses koneksi Internet, Pilih Sharing mode (Pilih WPA2 saja), lalu klik Start Hotspot




Taraaa.. Hostspot selesai dibuat, tinggal Hidupin Wireless pada perangkat lainnya, mengkoneksikannya, isikan password, dan berselancar ria di Internet.

Mudah bukan?. Oh iya, sebenarnya Windows juga bisa membagi koneksi Internet hanya saja caranya agak ribet dibanding aplikasi Connectify ini.

Hampir Lupa, aplikasi ini Free loh, namun ada juga versi berbayarnya, cuman beda tipis kok fitur-fiturnya, pokoknya Free udah cukup lah :)



-- Selamat Mencoba --

6 comments:

han said...

ane pernah nyoba untuk berbagi koneksu inet dgn galaxy y kok g bs ya?

Me said...

mungkin masalahnya kompatibel atau tidaknya aplikasi connectify sama driver WLAN-nya. coba update driver WLAN + update aplikasinya.

test dengan Atheros AR5B97 + Xperia Mini Pro (SK17i) tak ada masalah.

S♥NELF said...

sudah nyambung ke connectify, tapi dibuat browsing kok g bisa ya

Me said...

disitu ada menu internet, maksudnya pilih jalur yang menyediakan akses internet. misalnya kalo akses internet pake LAN berarti pilih Ethernet disitu. kalo pake modem pilih modem.

kemudian dibagian Shared Over pilih Wireless Adapternya.

semoga membantu :)

D4v3_4ever said...

gan,
Internet to Share : Modem Siera
tp koq di Advance Setting > Share Over (cuma ada pilihan Atheros AR8131 PCI-E Gigabit Ethernet) > Sharing Mode (cuma ada Ethernet) ga ada pilihan lain gan,...
knp ya?

Me said...

modem sieranya udh dikoneksikan ke komputer belum gan?, kalo udah, cek apakah sudah ada hardwarenya di Network Connections?, kalo sudah ada pasti muncul di share over, kecuali modemnya belum didukung sama ini software.

ane dulu tes pake modem smartfren ac2726i, work fine.

Post a Comment